Kamis, 03 Januari 2013

cara melihara dan perawatan landak mini

cara melihara landak mini mungkin kalo dijelasin secara teori paling gampang dimengerti tapi kalo diperaktekin susah banget dan beda banget

untuk para pemula gw kasih tau cara merawat landak kalian (tapi beda dengan cara orang laen), yang udah paham juga boleh liat kok karena ini untuk publik

*kandang*

kalo buat kandang sendiri macem aquarium ukuran minimal itu:
panjang : 40 s/d 60cm
lebar:      30 s/d 40cm
tinggi:     30 s/d 35cm

ini kenapa gw kasih ukurannya make kira-kira, karena setiap orang punya ukuran ideal buat kandang landaknya sendiri. seperti contoh: 1 ekor landak itu kandangnya harus berukuran 40x40x30

kenapa sih kandang landak harus luas:
karena landak mini semuanya suka menjelajah biar pun ada sebagian landak mini yang suka molor

*pakan/makanan*

usahakan memberikan pakan/makanan untuk landak mini itu CF (Cat Food) atau DF (Dog Food), terus kalo dana kurang memadai pilih pelet khusus landak mini (jangan pernah sekali-kali ngasih pakan/makanan untuk ikan)


biarpun bentuk dan aromanya sama kaya pelet khusus landak tapi kandungannya jauh banget
(kalo kepepet gak apa-apa dari pada gak ada asalkan landak kita mau makan)

sistem pemberian pakan/makanan itu cukup 2x sehari aja dan ditakarin makannya biar itu landak gak obesitas

caranya : beri pakan/makan landak kalian di pagi hari lebih sedikit dari pada dimlam hari, ini dikarenakan landak mini itu hewan yang aktif dimalam hari

kalo untuk minum berikan aja air matang atau air hasil penyulingan karena kalo ngasih landak kita minum air mentah ada dampak jangka panjangnya..

*perawatan*

kalo untuk perawatan itu pinter-pinter kalian aja merawatnya
kalo lagi sempet jemur landaknya dengan matahari pagi kira-kira sekitar 5-10 menit aja gak usah lama-lama karena matahari dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh landak dan juga membantu silandak supaya aktif bergerak

terus kalo dirumah dibiasain tiap sabtu dan minggu landak pada puasa puasa sekitar 12 jam (no makan) tapi tetep sediain minum ini dikarenakan landak dirumah banyak makan dan pasif jadi supaya gak obesitas

terus cara mandiin ya kaya mandiin kucing aja, dikasih sabun dan disikat juga
tapi untuk cara mandiin tinggal liat di web: www.landakmini.com (ini webnya pak cuncun)

bersihin kandang landak kalo lagi kotor aja ,kalo kotornya udah parah ya dicuci aja biar bersih

*obat-obatan dan cara merawatnya*

kalo landak mini itu penyakitnya yang paling umum adalah kutuan

kutu bisa disebabkan dari macam-macam hal bisa dari kondisi landak yang gak bersih ,tempatnya yang kotor, landaknya yang kurang sehat dll

gejalanya sih paling gampang diliat dari pola tinggkah yaitu garuk-garuk sama duri yang pada rontok
obatnya gampang kok cukup tuangin minyak goreng kebagian yang gatel-gatel dan pada area duri yang rontok tunggu sampe 3 hari abis itu dimandiin.(diulang sampe bener-bener ilang ya)

kalo untuk pencegahan bisa menggunakan cairan antiseptik tiap hari kelandaknya udah gitu kalo serbuk kayunya lembab dan kotor banget lebih baik di ganti total

*alergi pada landak*

biasanya landak mini suka ada yang alergi dengan sesuatu, misalkan dirumah landak mininya tuh suka timbul bentol-bentol karena serbuk kayunya gak cocok
perawatannya gampang : cukup karantina ditempat yang bersih tanpa serbuk kayu, terus dikasih cairan kunyit aja. dikasih setiap hari sampe bentol-bentolnya ilang.
cairan kunyit fungsinya ngebunuh bakteri dan kuman karena sifatnya sama kaya antiseptik dan atibiotik
obat-obatan yang bisa dipake dirumah itu cuma : kunyit, cairian antiseptik dan minyak goreng aja

ini aja sih tips dari gw semoga bermanfaat

5 komentar:

  1. permisi bro....

    mau info nih, sekarang ada ulet hongkong kering untuk cemilan alternatif buat landak mini.

    info di :
    http://www.ulethongkongkering.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Bro, mau tanya, klo cairan kunyit'a itu juga dioleskan?

    Terus maksud'a puasa 12 jam itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal di tetesin aja air kunyitnya

      Kalo puasa 12 jam itu landak yg biasa makannya 2x sehari jadi 1x dalam sehari
      Biasanya pemberian makan pada malam hari

      Maaf baru bales soalnya jarang liat blog

      Hapus
  3. makasih gan atas infonya../? @vickythepisces

    #makasih

    BalasHapus